MANFAAT BUAH MARKISA UNTUK KESEHATAN 

Markisa merupakan tanaman buah menjalar seperti tanaman anggur. Buah markisa memiliki kandungan vitamin a, vitamin c dan vitamin k. markisa juga mengandung asam lemak, mineral fosfor, kalium, magnesium dan masih banyak kandungan lainnya. markisa merupakan salah satu jenis buah yang unik, karena yang dikonsumsi dari buah ini adalah bijinya. Meskipun memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun manfaat buah markisa yang diberikan untuk kesehatan sangatlah banyak. 

Berikut ini beberapa manfaat dari biji buah markisa untuk kesehatan, yaitu:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Markisa dapat meningkatkan kekebalan tubuh, karena kandungan vitamin c, beta-karoten. serta polifenol yang ada di dalam buah markisa yang berperan sebagai antioksidan. Yang mana antioksidan berperan menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh agar tubuh tidak mudah terserang virus. Antioksidan juga berperan melawan radikal bebas yang menjadi pemicu timbulnya berbagai jenis penyakit.

  • Mencegah dan mengatasi diabetes

Konsumsi buah dan makanan lain yang rendah GI (glycemic index) dan mengandung serat yang tinggi sangat penting untuk mencegah diabetes. Serat dalam markisa cocok untuk diet penderita diabetes karena adanya efek penurunan gula darah.

  • Menyehatkan pencernaan

Buah markisa mengandung serat yang tinggi. berkat kandungan tersebut markisa dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

  • Penambah darah

Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan anemia. Untuk itu kandungan mineral seperti kalium, tembaga, dan zat besi dalam markisa dapat menjadi produksi sel darah merah agar gejala anemia dapat diatasi.

  • Menjaga kesehatan tulang

Markisa memiliki kandungan mineral yang baik untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Ekstrak kulit markisa juga dapat meringankan rasa sakit pada penderita osteoarthritis. 

  • Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat dalam markisa dapat mengeluarkan kolesterol dalam pembuluh darah. Kandungan serat dan potasium pada markisa berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini didukung oleh kemampuan menstabilkan tekanan darah. 

  • Mengurangi risiko kambuhnya asma pada orang dewasa

Ekstrak buah markisa ungu diketahui aman untuk dikonsumsi untuk penderita asma. Ekstrak kulit buah markisa ungu juga signifikan dapat mengurangi batuk dan sesak napas. 

Buah markisa selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, juga memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Biji markisa dapat membantu memperbaiki kulit dengan berbagai cara. Kandungan minyak atsiri yang ada di dalam biji buah markisa dapat membantu melembabkan kulit. Sehingga mengembalikan kelembaban yang sehat pada kulit. Berikut beberapa manfaat markisa untuk kulit wajah, yaitu:

  • Kandungan vitamin C yang ada di dalam biji buah markisa juga dapat mencerahkan kulit yang kusam.
  • Nutrisi yang ada dalam buah markisa dapat menghaluskan kulit wajah. Hal ini karena nutrisi markisa membantu mengangkat sel kulit mati, kotoran serta debu pada wajah.
  • Mengatasi jerawat, karena buah markisa mengandung vitamin c dan air yang akan mengecilkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, serta mengatasi pori-pori wajah yang tersumbat. 
  • Kandungan air yang ada di buah markisa membantu melembabkan dan memberi efek hidrasi pada kulit wajah. Sehingga wajah akan selalu terlihat sehat dan lembab terawat.
  • Mengontrol produksi minyak pada wajah. Dengan memakai masker dari buah markisa ini akan membantu mengatasi kulit berminyak. Hal ini karena nutrisi dari buah markisa mengontrol produksi minyak pada kelenjar wajah. 
  • Menjaga elastisitas kulit wajah, karena kandungan asam linoleate serta oleate di dalamnya. Yang mendukung proses terbentuknya kolagen pada kulit. Sehingga membuat kulit terasa kenyal dan lebih kencang. 
  • Membuat awet muda dan mencegah penuaan dini pada wajah. Ini karena buah markisa memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *